Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Toilet Duduk VS Toilet Jongkok, Mana Lebih Baik?

Toilet duduk Vs Toilet Jongkok
Toilet duduk Vs Toilet Jongkok

Toilet Duduk VS Toilet Jongkok, Mana Lebih Baik?

Halo semua, kembali lagi di UwasaPedia, blog yang berisikan wawasan seputar ilmu pengetahuan umum, kesehatan, dunia hewan, dan beragam informasi lainnya yang pasti menambah wawasan serta pengetahuanmu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas topik yang sangat menarik, yaitu toilet duduk vs toilet jongkok, mana yang lebih baik antara toilet jongkok dan toilet duduk ini? 

Hampir setiap pagi kita pasti pergi ke toilet. Kecuali Anda yang bangunnya siang, seperti jam 12.00 atau jam siang ke atas lainnya. Terus apa yang akan anda lakukan di WC, Apakah anda akan duduk atau jongkok? Sebelum kami membahas topik ini lebih lanjut, para pembaca silahkan menikmati cemilan sorenya yah, sekalian para pembaca bisa berkomentar di kolom yang telah kita sediakan di bawah. Apakah anda menggunakan toilet jongkok atau toilet yang duduk.

Sering muncul pertanyaan manakah toilet yang lebih baik antara toilet jongkok dengan toilet duduk. Nah, disini kita akan bahas satu persatu.

Toilet Duduk Vs Toilet Jongkok

Bila kita membandingkan antara toilet duduk dengan toilet jongkok, tentunya ada beberapa perbedaan yang mendasari keduanya. Hanya saja, bila kita mau mengamati dengan lebih seksama, kita akan temukan perbedaan antara keduanya. Nah, disini kita akan membandingkan, mana yang lebih sehat antara toilet duduk dan toilet jongkok? 

1. Ditinjau Dari Segi Higienis

Apabila anda menggunakan toilet jongkok, tidak akan terjadi kontak langsung antara permukaan toilet dengan kulit bokong anda. Sedangkan toilet duduk, akan terjadi Interaksi langsung antara kulit bokong anda dengan toilet duduk tersebut. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa penggunaan toilet jongkok jauh lebih aman dan higienis terhadap kesehatan. Terlebih lagi jika toilet duduk yang Anda gunakan jarang dibersihkan, Maka akan banyak sekali bakteri yang berkumpul di sekitar dudukan toilet. Dan Hal ini tentu jauh lebih berbahaya bagi kesehatan kita.

Toilet duduk Vs Toilet Jongkok
Toilet duduk Vs Toilet Jongkok

2. Ditinjau Dari Segi Efektivitas

Bila ditinjau dari proses pembuangan sisa-sisa metabolisme tubuh atau tinja, kita dapat katakan bahwa menggunakan toilet jongkok akan jauh lebih efektif dibandingkan toilet duduk. Hal ini dikarenakan, buang air (baik itu BAB/BAK) dengan menggunakan toilet jongkok akan jauh lebih cepat, lebih mudah dan lebih tuntas dibandingkan Anda menggunakan toilet duduk.

Sekedar informasi, apabila sisa tinja masih tetap tertinggal di dalam perut atau mengendap, atau biasa disebut dengan stagnansi. Hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti kanker usus, kemudian usus buntu dan masalah-masalah usus lainnya. 

Jadi, Kalau Anda menggunakan toilet duduk, Coba anda cek waktunya, Berapa lama anda di dalam kamar mandi atau toilet. Bisa-bisa Anda 1 jam berada di sana. Bahkan ada yang sengaja untuk menikmati toilet duduk dengan membawa koran, kemudian ada yang membawa majalah, ada yang main HP di dalam, sambil berselfie mungkin dan biasanya proses ini akan membuat anda menjadi lebih lama di kamar mandi.

Selain kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan anda, juga tidak baik untuk anggota keluarga anda yang lain karena harus menunggu Anda yang terlalu lama di kamar mandi.

Toilet duduk Vs Toilet Jongkok
Toilet duduk Vs Toilet Jongkok

3. Relaksasi Otot Puborectalis

Dengan menggunakan toilet jongkok, rektum anda akan lebih mudah untuk membuka. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan toilet duduk. Saat menggunakan toilet duduk ujung usus akhir anda sedikit berbelok, berbeda saat buang air besar dengan posisi jongkok, ujung usus akhir anda akan berada dalam posisi yang lurus, sehingga sisa-sisa kotoran di dalam tubuh akan lebih mudah dikeluarkan.

4. Mengurangi Mengejan Berlebihan

Sebenarnya saat Anda buang air besar dalam posisi jongkok, Anda sedang menggunakan paha anda untuk mendorong usus besar. Sehingga hal ini akan mengurangi efek mengejan anda.

Mengejan secara berlebihan, memiliki dampak buruk bagi kesehatan anda, seperti : menjadi penyebab hernia, dan membentuk divertikulum.

5. Pengobatan Non Invasif Bagi Penderita Wasir

Bagi anda penderita wasir, dengan anda melakukan posisi buang air yang jongkok, ini merupakan pengobatan non invasif untuk Anda yang menderita wasir dan terbukti cukup efektif. Non invasif artinya pengobatan tanpa melakukan operasi, tindakan bedah atau selainnya.

6. Mengurangi Tekanan Rahim Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil menggunakan toilet jongkok, itu dapat mengurangi tekanan pada rahim nya. Itu artinya, menggunakan toilet jongkok jauh lebih aman bagi ibu hamil dibandingkan dengan menggunakan toilet duduk. 

Toilet duduk Vs Toilet Jongkok
Toilet duduk Vs Toilet Jongkok

Nah, jadi ada 6 keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan toilet jongkok. Kemudian, terdapat juga beberapa kasus pada sebagian orang, seperti orang tua, dan orang-orang yang kegemukan, biasanya mereka kalau sudah jongkok, susah untuk bangun. Bagaimana mereka harus menggunakan toilet jongkok ?? Jadi caranya adalah dengan mensiasati menggunakan pegangan kiri dan kanan untuk bangkit. Pertanyaan yang lain, bagaimana dengan mereka yang mengalami masalah dengan lutut, biasanya mereka kesulitan untuk bisa jongkok?? dalam kondisi seperti ini lebih baik anda menggunakan toilet duduk.

Mungkin sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai toilet Duduk vs toilet jongkok, mana yang lebih baik antara toilet jongkok dengan toilet duduk. Semoga bermanfaat.